Fitness Insports

Perbedaan Treadmill Manual & Treadmill Elektrik

Treadmill datang dalam dua varietas dengan dasar bermotor dan tidak bermotor. Latihan Anda akan berbeda tergantung pada pilihan Anda. Anda harus lebih berupaya dalam latihan di treadmill manual, tetapi kebanyakan treadmill bermotor memiliki fitur dan konstruksi yang lebih baik.

Treadmill manual dengan area berlari melengkung adalah subkategori yang lebih baru. Mereka menyaingi treadmill bermotor terbaik dalam desain yang kokoh serta memiliki label harga tinggi. Mereka telah menjadi kesayangan pelatih atletik dan Anda dapat melihat mereka di gym lokal Anda. Bandingkan kategori ini dan lihat jenis treadmill mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Treadmill manual

Pada treadmill manual, aksi kaki Anda melawan dek menggerakkan karpet di area berlari. Sabuk hanya bergerak jika Anda memindahkannya. Baik pelari maupun pejalan kaki lebih banyak melakukan usaha pada treadmill area berlari tak beroda dibandingkan dengan treadmill bermotor. Ini memiliki manfaat kebugaran karena pengguna bisa mendapatkan detak jantung mereka ke zona yang lebih tinggi dengan kecepatan yang lebih rendah. Satu studi menemukan bahwa subyek menghabiskan 30 persen lebih banyak energi pada kecepatan yang sama. Tapi trade-off adalah bahwa mereka lebih suka berlari atau berjalan pada kecepatan yang lebih lambat sehingga dapat mempertahankan pengerahan tenaga mereka.

Studi lain membandingkan treadmill area berlari melengkung ke treadmill bermotor dan berjalan di atas tanah. Para pelari memiliki detak jantung yang jauh lebih tinggi dengan kecepatan yang sama ketika di treadmill sabuk melengkung — lebih dari 20 denyut per menit lebih tinggi rata-rata. Para pelari yang lebih ringan harus bekerja lebih keras untuk mengatasi hambatan sabuk treadmill. Pelari akan menemukan treadmill manual paling rata untuk belt yang tidak sesuai karena konstruksinya yang kurang kuat dan seharusnya hanya mempertimbangkan model belt melengkung. Para pejalan kaki mungkin puas dengan model sabuk datar atau sabuk lengkung dan bisa mendapatkan latihan yang lebih intens dengan kecepatan yang lebih rendah.

 

Kelebihan Treadmill Manual.

  1. Otot-powered : Anda memberikan semua kekuatan motif dan latihan tubuh bagian bawah Anda. Sangat mungkin Anda akan mengeluarkan lebih banyak kalori per mil. Anda mengendalikan kecepatan dengan lebih berupaya daripada mencoba mengikuti area berlari yang bergerak. Pada treadmill sabuk melengkung, Anda mempercepat dengan menempatkan kaki Anda lebih jauh ke depan dan memperlambat dengan mencolok lebih dekat ke pusat area berlari.
  2. Tidak Memerlukan Listrik : Anda dapat menggunakan treadmill manual di mana saja dan tidak bergantung pada penempatan treadmill di dekat stopkontak listrik.
  3. Keamanan : Treadmill tidak bermotor berhenti ketika Anda berhenti; Anda tidak harus memakai safety key yang biasa di pakai untuk treadmill elektrik untuk menghentikannya. Ini juga membuatnya sedikit lebih aman di sekitar anak-anak dan hewan peliharaan.
  4. Harga Terjangkau : Kebanyakan treadmill manual flat-belt dijual sekitar di bawah Rp. 5.000.000. Namun, treadmill belt melengkung yang lebih disukai membutuhkan biaya setidaknya sekitar Rp. 16.000.000
  5. Latihan Interval Intesitas Tinggi : Pelatih atletik menggunakan treadmill manual melengkung sebagai bagian dari latihan yang bergantian intensitas tinggi dan sedang. Banyak tim olahraga profesional menggunakan model-model ini untuk pelatihan, melakukan interval sprint pada treadmill belt melengkung.

 

Kelemahan Treadmill Manual

  • Energi Yang Dikeluarkan Cukup Besar : Kesulitan dalam treadmill manual yaitu dalam awalan menggunakan treadmill anda harus memaksakan tenaga yang cukup besar agar bisa berjalan/berlari di atas running area hal tersebut bisa mengakibatkan cedera pada sendi Anda. Jika Anda memiliki arthritis lutut atau pinggul, ini mungkin menjadi masalah. Anda mungkin harus meningkatkan kemiringan treadmill manual sabuk datar secara signifikan untuk membuatnya cukup mudah untuk mendapatkan karpet bergerak. Setelah Anda melakukannya, Anda berjalan menanjak dan itu mungkin bukan yang Anda sukai untuk latihan Anda.
  • Hanya Bisa Mengatur Kemiringan Dengan Turun Dari Treadmill Manual Sabuk Datar : Setelah area berlari bergerak, Anda harus berhenti dan turun untuk mengubah tanjakan. Anda terjebak dengan satu tingkat kemiringan selama setiap latihan dan seringkali itu adalah kemiringan yang curam sebesar 10 persen. Banyak pengguna mengatakan bahwa mereka harus memegang pegangan karena kemiringannya, yang merusak bentuk berjalan dan berlari yang baik dan kemungkinan mengurangi pembakaran kalori. Treadmill manual melengkung tidak memiliki kekurangan ini karena Anda dapat memvariasikan kemiringan dengan menggerakkan kaki lebih jauh ke depan atau lebih ke arah tengah area berlari.
  • Kurangnya Fitur : Anda tidak akan memiliki latihan, aplikasi, dan fitur-fitur lainnya. Anda harus menggunakan sumber daya lain seperti aplikasi dan rencana latihan treadmill online untuk memvariasikan latihan Anda. Sebagian besar memiliki layar bertenaga baterai sederhana yang dapat menunjukkan rincian latihan seperti waktu yang telah berlalu, jarak, kalori yang terbakar, kecepatan, dan sensor jantung.
  • Kurang Kekar: Flat-belt manual treadmills, secara umum, memiliki konstruksi yang kurang kokoh, seperti yang Anda lihat dari batas berat pengguna. Mereka juga tampaknya memiliki lebih banyak kekurangan seperti selip sabuk dan kebisingan. Periksa batas berat pengguna untuk model apa pun sebagai cara menentukan seberapa kuatnya alat itu. Treadmill manual melengkung memiliki konstruksi yang lebih kuat dan kualitas yang lebih tinggi.
  • Berjalan, Jangan Lari: Karena konstruksi yang kurang kokoh, treadmill manual sabuk datar paling cocok untuk berjalan daripada berlari. Mereka juga memiliki area berlari yang lebih pendek, jadi Anda tidak bisa menggunakan langkah yang panjang. Jika Anda ingin menggunakan treadmill untuk berlari, pilih treadmill manual melengkung atau treadmill bermotor berkualitas lebih baik.

 

 

Treadmill Bermotor

Dengan treadmill bermotor, motor menggerakkan area berlari Anda dan Anda mendapat bantuan saat Anda berjalan atau berlari. Tenaga kuda motor adalah salah satu faktor besar kualitas mesin. Anda harus mencari setidaknya 1,5 tenaga kuda berkelanjutan (CHP). Untuk pengguna yang lebih berat harus mencari treadmill yang memiliki motor diatas 1,5 HP.

Kelebihan Treadmill Bermotor :

  1. Menghemat Tenaga : Sabuk digerakkan oleh motor, Anda tidak perlu susah untuk memulainya.·
  2. Penyesuaian kecepatan dan kemiringan selama latihan : Anda dapat menyesuaikan kecepatan dan kemiringan saat Anda masih berjalan atau berlari di sebagian besar treadmill bermotor. Beberapa model juga memiliki fitur penurunan sehingga Anda dapat menurun, lebih baik melakukan simulasi berjalan di atas tanah dan berlari.
  3. Lebih banyak fitur latihan : Treadmill bermotor mengemas lebih banyak fitur latihan ke dalam konsol mereka, bahkan pada titik harga yang lebih rendah. Mereka sering akan bekerja dengan aplikasi untuk memberikan latihan yang menyenangkan dan menarik, dan program untuk melatih Anda untuk kinerja pada jarak yang berbeda seperti 5K, 10K, setengah maraton, dan maraton.
  4. Cocok untuk sesi pelatihan yang lebih lama : Anda dapat melakukan sesi ketahanan lama pada treadmill bermotor, sementara treadmill manual umumnya digunakan untuk latihan yang lebih singkat.
  5. Berlari dan berjalan : Anda dapat menemukan model dengan kekuatan motor dan panjang area berlari treadmill untuk mengakomodasi pelari juga pejalan kaki. Karena motor menambah bobot, mesin ini lebih stabil daripada treadmill yang tidak berpenggerak flat-belt.

Kekurangan Treadmill Bermotor.

  1. Listrik yang dibutuhkan : Anda perlu menempatkannya di dekat stopkontak listrik, dan itu bahkan mungkin memerlukan tegangan yang lebih tinggi jika itu adalah treadmill komersial.
  2. Keamanan : Treadmill bermotor tingkat keamanan cukup berbahaya jika Anda tidak melakukannya sesuai aturan penggunaan. Lebih mudah untuk jatuh jika Anda terganggu atau tersandung dan kemudian didorong keluar dari belakang. Anda harus memerhatikan safety key sebelum pemakaian apakah sudah terpasang jika belum sebaiknya di pasang terlebih dahulu karna safety key bermanfaat untuk mematikan treadmill secara otomatis saat kita dalam keadaan berbahaya.
  3. Harga Treadmill Elektrik : Treadmill bermotor untuk penggunaan di rumah mulai dari titik harga yang lebih tinggi daripada treadmill manual. Anda harus membayar setidaknya Rp. untuk mesin dengan kualitas yang dapat diterima. Model dalam kisaran harga yang lebih rendah biasanya memiliki motor yang kurang bertenaga, kurang kokoh, dan memiliki lebih sedikit pilihan. 

Anda akan menemukan banyak situs yang menilai treadmill, baik yang menggunakan pendapat ahli maupun yang mengumpulkan ulasan pengguna. Anda perlu membaca ini secara kritis dan teliti. Insports termasuk salah satu Toko Treadmill Elektrik Berkulitas di Bekasi.
Treadmill dapat memberi Anda latihan kardio yang hebat, tetapi Anda harus memastikan Anda mendapatkan mesin yang tepat untuk kebutuhan Anda. Cobalah treadmill yang berbeda di gym agar Anda terbiasa dengan fitur yang Anda sukai. Anda bahkan dapat memutuskan taktik terbaik adalah menggunakan treadmill di klub kesehatan, sekolah, atau gym daripada membeli satu untuk rumah Anda. Anda mungkin dapat bertukar bolak-balik antara treadmill non-bermotor yang dan treadmill bermotor berkualitas baik untuk mendapatkan berbagai latihan.

wa
telp