Fitness Insports

Menghindari kesalahan saat Olahraga Treadmill

Latihan olahraga treadmill merupakan cara yang baik untuk melakukan olahraga cardio. Untuk melakukan olahraga treadmil yang paling baik, hindari kesalahan-kesalahan berikut ini. Bentuk berjalan dan postur yang sesuai adalah hal yang penting dalam menjaga rasa sakit dan ketegangan serta membantu Anda berjalan lebih pelan dan lebih cepat.

    1. Kesalahan Memulai Treadmill
    kesalahan saat olahraga treadmill-01
    Kesalahan pertama saat melakukan olahraga treadmill saat Running Belt bergerak dengan kecepatan penuh.
    • Mulai berdiri dengan satu kaki pada masing-masing sisi treadmill – kebanyakan treadmill memiliki sisi yang dirancang agar Anda bisa berdiri di sisi tersebut dengan baik.
    • Mulai treadmill dengan kecepatan rendah.
    • Amati kecepatannya dan hati-hati saat memulainya.
    • Naikkan kecepatannya pelan-pelan setelah Anda berada di papan treadmill.
    • Ketahuilah letak di mana saklar penghenti darurat berada. Saklar penghenti ini biasanya berupa saklar berwarna merah terang.
    Himbauan ini kelihatannya seperti saran yang tidak diperlukan, namun saya telah menemui para pengguna olahraga gym yang terluka kerena mencoba melangkah ke treadmill yang sedang bergerak, atau karena terkejut dengan hentakan running belt treadmill seperti tiba-tiba mengejutkan saat mereka berdiri di atas papan treadmill.
    Keamanan treadmill lainnya ada pada anak-anak yang jari dan tangannya terluka saat bermain di sekitar bagian belakang treadmill, dimana Running Belt berjejak masuk ke roller. Jauhkan anak-anak dari alat treadmill yang sedang bergerak.

2 Kesalahan treadmill – Memegang Pegangan atau Konsol
kesalahan olahraga treadmill-02
Ketika Anda menggunakan treadmill untuk pertama kalinya, Anda bisa memegang bagian pegangan treadmill untuk memastikan stabilitas. Namun, hal itu bukan lah cara alami untuk berjalan atau berlari. Berpegangan pada pegangan tidak bisa membuat Anda bergerak secara alami dengan gerakan lengan, atau untuk memperoleh langkah yang baik. Selain itu, berpegangan pada pegangan juga tidak akan memperoleh potur berjalan yang baik.
Belajar melepaskan pegangan, bahkan jika berarti berjalan atau berlari dengan kecepatan rendah selama beberapa kali. Anda akan mendapatkan latihan yang lebih baik dengan kecepatan yang lebih rendah tanpa berpegangan daripada latihan dengan kecepatan tinggi namun dengan berpegangan.
Saran ini diberikan untuk mereka yang tidak memiliki disabilitas (cacat fisik/mental) dan masalah keseimbangan yang signifikan. Jika Anda memiliki suatu kondisi yang memerlukan pegangan seperti pandangan kabur, masalah keseimbangan, dan sebagainya, kemudian Anda harus terus menggunakan pegangan. Namun, berkonsulatasi dengan trainer atau terapis fisik untuk diberikan nasihat tentant bagaimana memperoleh psotur berjalan yang baik bahkan jika Anda harus menggunakan pegangan.

    3 Kesalahan treadmill – Membungkukkan Bahu dan Menunduk
    kesalahan olahraga treadmill-03
    Treadmill entertainment bisa memberikan kebiasaan postur yang tidak baik. Jika Anda membungkuk dan menunduk saat membaca majalah atau menonton video pada treadmill consol, Anda memperkuat kebiasaan postur berjalan yang sangat tidak baik.
    Postur berjalan yang baik adalah posisi kepala tegak dan pandangan mata lurus. Jika Anda menikmati hiburan saat melakukan olahraga treadmill, posisikan video atau bacaan Anda dengan posisi yang bisa Anda nikmati dengan pandangan lurus, tidak ke bawah maupun ke atas.
    Ketika saya pergi ke gym, saya sering melihat banyaknya punggung yang membungkuk saat olahraga treadmill. Postur yang tidak baik ini bisa mengakibatkan sakit punggung, leher dan bahu hingga tidak bisa bernapas dengan sempurna. Postur ini juga memberikan postur duduk yang tidak baik yang kebanyakan dari kita lakukan berjam-jam di depan komputer. Waktu yang Anda miliki saat olahraga treadmill harus dimanfaatkan untuk membangun postur tubuh yang baik, bukannya memberikan bahaya yang telah Anda lakukan terhadap diri Anda sendiri di sisa hari Anda.
    Setiap menit saat latihan, putarlah bahu Anda ke belakang untuk memeriksa apakah Anda tidak membungkuk

4 Kesalahan Treadmill – Bersandar Ke Depan
kesalahan saat olahraga treadmill-04
Bersandar ke depan merupakan kesalahan berjalan yang beberapa pelatih olahraga gunakan. Namun, postur berjalan yang tepat adalah tegak, bukan gerak maju ataupun mundur.
• Untuk mendapatkan postur berjalan yang benar, luangkan waktu saat pertama kali Anda melangkah ke treadmill yang sedang tidak bergerak.
• Tahan tekanan dalam perut dan bokong Anda, miringkan panggulmu sedikit ke depan.
• Sekarang bayangkan seolah-olah ada senar yang melekat di bagian atas kepala Anda. Tarik ke atas supaya tubuh bagian atas Anda terangkat lurus ke atas dari pinggul.
• putarlah bahu Anda ke belakang supaya Anda tahu bahwa bahu Anda tidak membungkuk.
• Terasa enak dan lurus? Bagus! Sekarang mulai gunakan treadmill dan berjalan lah.
• Ingatkan diri Anda sendiri saat berjalan untuk menjaga postur ini agar tetap tegak dan lurus. Setiap kali Anda mengubah kecepatan, periksalah kembali postur Anda.

    5 Kesalahan Treadmill – Melangkah Terlalu Lebar
    kesalahan saat olahraga treadmill-05
    Langkah yang terlalu lebar merupakan kebiasaan yang kebanyakan dari kita miliki seumur hidup karena kita tidak pernah belajar melangkah yang terlalu lebar berjalan yang tepat. Saat Anda melangkah terlalu lebar, tumit depan Anda menghantam tanah jauh di depan tubuh Anda. Kebanyakan dari kita melakukan hal ini dengan maksud untuk berjalan lebih cepat.
    Langkah berjalan yang baik dan cepat hanya lah kebalikannya – tumit depan Anda dekat dengan tubuh Anda saat kaki belakang Anda tetap menyentuh tanah lebih lama untuk memberikan dorongan yang kuat. Dorongan di kaki belakang ini adalah apa yang akan membuat berjalan Anda lebih cepat dan lebih kuat, dan akan melatih otot Anda membakar kalori dengan labih baik.
    Pertama-tama, Anda perlu memperpendek langkah Anda dan hanya melangkah pendek. Kemudian mulailah berkonsentrasi dengan merasakan kaki belakang anda dan lakukan tekanan yang baik dengan kaki belakang Anda di setiap langkah. Fokuslah saat melakukan tekanan ini selama beberapa menit setiap menggunakan treadmill hingga terbiasa. Lama-lama Anda akan berjalan lebih cepat dan lebih mudah.
    Saya sudah pernah melakukan kebiasaan melangkah terlalu lebar dengan berjalan dengan teman-teman yang tubuhnya lebih tinggi dan memiliki langkah yang lebih lebar dari saya. Saya harus mengingatkan diri saya sendiri bahwa kekuatan tersebut berada di kaki belakang dan untuk memperlebar langkah saya di belakang dan bukannya di depan.

6 Kesalahan Treadmill – Tidak Menggunakan Kaki Anda
kesalahan saat olahraga treadmill-06
Apakah kaki Anda hanya untuk berkendara? Apakah kaki Anda hanya slap down dan diseret?
Cara yang benar untuk melangkah dalam berjalan adalah mendorong lutut di depan bukan melangkah ringan, kemudian memutar melalui langkah dari lutut ke tumit. Saat tumit menyentuh tanah, Anda berada di tengah-tengah menuju langkah selanjutnya, dan kaki ke depan sekarang kaki belakang dan tumit siap memberikan dorongan untuk langkah selanjutnya.
Lutut ini yang berputar melalui tekanan tumit hanya bisa terjadi jika sepatu Anda fleksibel. Jika Anda menggunakan walking shoes atau sepatu khusus untuk berjalan yang kaku yang hanya cocok untuk berdiri, Anda tidak dapat berputar melalui langkah yang dihasilkan dari lutut ke tumit. Selain itu, sepatu yang kaku menekan kaki Anda turun. Tubuh Anda mungkin menyerah dan langkah Anda lebih seperti hentakan kaki saja.
Untuk membenarkannya, luangkan waktu selama dua menit selama berjalan untuk memikirkan apakah kaki Anda bekerja dengan baik. Apakah Anda berjalan dengan kekuatan lutut atau mendorongnya maluli langkah tersebut? Apakah kaki belakang Anda memberikan dorongan?
Ada dua hal untuk mengubahnya. Pertama, berpikirlah bahwa langkah maju kaki Anda menunjukkan telapak kaki Anda ke orang yang menghadapmu.
Kedua, berkonsentrasilah dengan menjaga kaki belakang lebih alami di tanah dan memberikan tekanan yang kuat.
Jika tidak mungkin untuk dilakukan dengan sepatu Anda saat ini, sudah waktunya membeli yang lebih baik, yaitu sepatu yang fleksibel untuk berjalan/berlari.

    7 Kesalahan Treadmill – Tidak Menggunakan Lengan Anda
    kesalahan saat olahraga treadmill-07
    Apa yang Anda lakukan dengan menggunakan lengan Anda jika Anda tidak berpegangan di pegangan treadmill? Lengan Anda adalah kunci untuk latihan berjalan yang baik. Dengan gerakan lengan yang tepat, Anda bisa berolahraga dengan lebih cepat dan membakar lebih banyak kalori. Anda bisa membantu membenahi beberapa masalah bahu dan leher yang mungkin terjadi karena duduk di depan komputer atau TV seharian.
    • Tekuk lengan Anda 90 derajat dan tahan agar dekat dengan tubuh Anda.
    • Buatlah bahu Anda serileks mungkin – hal ini penting, Anda ingin bahu Anda direlaksasikan.
    • Sekarang cobalah gerakan latihan choo-choo, ke depan dan ke belakang.
    • Bahu Anda bergerak berlawanan dengan masing-masing kaki, satu bahu ke depan saat kaki yang berada di sisi yang sama bergerak berlawanan (misalnya bahu kanan ke depan, maka kaki kanan kebelakang) dan sebaliknya.
    • Konsentrasi pada gerakan lengan Anda di belakang tubuh Anda, seperti gerakan mengambil dompet di saku belakang.
    • Saat lengan Anda ke depan, pertahankan gerakan itu tetap pada jarak pendek. Lupakan “kecepatan berjalan” yang Anda lihat pada orang-orang yang mengayunkan lengannya dari sisi ke sisi atau ke atas.
    • Lengan Anda bisa bergerak maju secara diagonal, namun tidak boleh bergerak berseberangan di titik tengah.
    • Tangan Anda tidak boleh bergerak melebihi puting susu Anda.
    Rahasianya adalah lengan Anda hanya bergerak secepat yang lengan Anda bisa gerakkan saja. Untuk mempercepat gerakan kaki Anda, percepatlah gerakan lengan Anda terlebih dahulu dan kemudian kaki Anda akan mengikuti dengan sendirinya.

8 Kesalahan Treadmill – Tidak Mengetahui Fitur Treadmill Anda
kesalahan saat olahraga treadmill-08
Ada dua hal yang harus Anda ketahui tentang treadmill yang akan Anda gunakan – bagaimana cara menghidupkan dan bagaimana cara mematikan treadmill. Banyak orang yang tidak memperhatikannya, dan mencari tahu di mana holder minuman berada. Namun, jika ini adalah home treadmill Anda atau satu-satunya yang sering Anda gunakan di tempat gym, luangkan beberapa menit untuk mengetahui fitur-fiturnya, sehingga Anda bisa menggunakan lebih dari hal-hal di atas.
Incline: Sebagian besar treadmill memiliki fitur incline. Menambahkan incline akan lebih memberikan Anda latihan cardio. Ketahuilah cara mengubah incline tersebut. Latihan Incline Treadmill.
Penyesuaian Kecepatan: Ketahuilah cara mengatur kecepatan dan menaikkan atau menurunkan kecepatan selama latihan. Biasanya Anda akan memulainya dengan kecepatan rendah untuk pemanasan selama 3-5 menit, kemudian menaikkan kecepatannya sesuai keinginan Anda. Selesaikan dengan pendinginan selama 3-5 menit dengan kecepatan rendah.
Latihan yang Terprogram: Latihan terprogram apa yang dimiliki treadmill? Apakah bisa membuat Anda memprogram latihan favorit Anda? Apakah memiliki latihan kontrol kecepatan detak jantung yang memberikan infromasi dengan monitor kecepatan detak jantung? Memvariasikan latihan treadmill Anda adalah cara yang paling baik untuk perkembangan fitness. Bermainlah dengan program tersebut dan temukan program-program yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan latihan Anda.
Monitor Kecepatan Detak Jantung atau Monitor Denyut Nadi: Banyak treadmill yang memiliki monitor denyut nadi, baik dalam bentuk pegangan atau klip. Monitor ini memberikan feedback kepada Anda pada kecepatan detak jantung Anda, meskipun Anda juga bisa melihat beberapa hasil yang aneh jika Anda tidak menggunakannya dengan benar. Monitor yang dihubungkan ke klip yang ada di dada sifatnya lebih akurat dan kebanyakan treadmill diatur untuk mengkomunikasikan kecepatan detak jantung maupun denyut nadi.
Riwayat Latihan: Apakah treadmill Anda bisa menyimpan riwayat latihan Anda? Jangan memasukkan data anonim.
Kalori yang Terbakar: Apakah treadmill mengetahui berat badan Anda? Treadmill bisa menghitung kalori yang terbakar, sebagaimana hal ini sangat tergantung dari berat badan Anda. Semakin sedikit berat badan, maka kalori yang terbakar juga lebih sedikit, jadi jangan malu-malu – katakan yang sebenarnya. Namun, perhatikan bahwa kalori yang dicatat janggal dengan apa yang Anda lihat di sabuk fitness Anda dan sebagainya.
Aplikasi: Apakah treadmill Anda terhubung ke aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan riwayat latihan, identitas, dan masuk ke aplikasi-aplikasi lainnya?

    9 Kesalahan Treadmill – Bergerak Terlalu Cepat
    kesalahan saat olahraga treadmill-09
    Bergeraklah secepat yang Anda bisa dan tetap jaga postur serta bentuk berjalan Anda. Jika Anda berjalan dengan langkah terlalu lebar, menyandar ke depan, membungkukkan bahu, kemudian turunkan kecepatannya sampai pada kecepatan dimana Anda bisa berjalan dengan benar.
    Mengapa tidak mencoba berlari? Jika Anda berpikir bahwa Anda tidak berjalan dengan baik pada treadmill, namun bentuk berjalan Anda buruk dengan kecepatan yang lebih tinggi, tambah interval berlari ke latihan Anda. Berlari akan memberikan serbuan ekstra pada kecepatan detak jantung yang lebih tinggi dan memberikan perubahan pada bentuk berjalan Anda.
    Untuk menambah interval lari, lakukan pemanasan terlebih dahulu pada kecepatan rendah selama 3-5 menit. Kemudian naikkan kecepatan berjalan Anda ke kecepatan dimana Anda berjalan cepat namun tetap menjaga bentuk berjalan yang tepat.
    Sekarang mulailah lari kecil (jogging)dan tingkatkan kecepatan untuk menyesuaikan pace lari kecil Anda. Lanjutkan lari kecil Anda selama 1-3 menit sebelum kembali ke kecepatan treadmill berjalan Anda yang cepat dan pada kecepatan selama 3-5 menit sebelum melakukan interval lari kecil yang lainnya. Ulangi sampai akhir latihan Anda, dan selesaikan dalam waktu 3-5 menit pada kecepatan berjalan untuk pendinginan.

10 Kesalahan Treadmill – Tidak Menantang Diri Anda Sendiri
kesalahan olahraga treadmill-10
Jika Anda melakukan latihan treadmill setiap hari dan melakukan latihan lama yang sama, seperti Anda tidak meningkatkan fitness Anda sebanyak mungkin. Tubuh Anda sudah beradaptasi dengan latihan biasanya dan tidak akan berubah kecuali jika Anda memiliki alasan untuk mengubahnya.
Untuk mendapatkan fitness yang lebih baik, latihan Anda harus bervariasi dalam hal intensitas, durasi, frekuensi dan/atau model olahraga.
Intensitas: Anda bisa menambah intensitas dengan mengubah incline treadmill dan/atau kecepatan treadmill.
Durasi: Tambah waktu yang Anda gunakan saat latihan treadmill. Hal ini tidak berarti menggandakan waktu Anda menjadi dua hari setelah pertam kali Anda memulai latihan treadmill. Namun jika Anda sudah melakukannya selama 30 menit selama beberapa minggu, lakukan hingga 45 menit dan kemudian hingga 60 menit setidaknya pada satu sesi per minggu.
Frekuensi: Sekali Anda harus menggunakan treadmill, Anda bisa melakukannya setiap hari. Berjalan pada kecepatan yang mudah selama 30-60 menit setiap hari dianjurkan oleh setiap otoritas kesehatan sebagai ketahanan tubuh dasar. Jika Anda melakukan latihan berjalan yang lebih kuat dan biasanya melompati hari, tambah berjalan ang mudah di hari off.
Tipe Olahraga: Cobalah berlari pada treadmill untuk mengubahnya. Atau bahkan lebih baik, alternatifnya dengan bersepeda, mengayuh mesin atau menaiki tangga. Jangan hanya berjalan untuk olahraga. Tambah latihan berat badan, latihan sirkuit, atau apapun yang bisa Anda nikmati dan yang akan membuat tubuh Anda bergerak dalam model yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp
Telp Toko