Fitness Insports

Anda Lanjut Usia? Lakukan Olahraga Ini Agar Tetap Bugar

Olahraga memang sudah menjadi kebutuhan. Untuk Anda yang ingin hidup sehat dan jauh dari penyakit, olahraga yang rutin menjadi kegiatan yang sangat wajib dilakukan. Ada banyak jenis olahraga yang ada saat ini. Mulai olahraga yang berat seperti angkat beban, hingga olahraga yang ringan seperti jogging. Olahraga membutuhkan energi yang besar, guna melatih otot-otot yang ada didalam tubuh.

Namun seiring dengan berjalannya usia, kemampuan fisik seseorang kian menurun. Pertanyaannya, bagaimana untuk orang yang sudah lanjut usia? Apakah masih bisa melakukan olahraga. Jawabannya adalah bisa. Dengan melakukan jenis olahraga dan dengan intesitas yang tepat, orang lanjut usia tetap bisa melakukan kegiatan olahraga.

Oleh karena itu, berikut kami bahas beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh orang lanjut usia.

1. Berjalan Kaki

Ini adalah olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Ajaklah keluarga Anda yang sudah berusia lanjut untuk sekedar berjalan-jalan. Pilihlah rute yang mudah untuk dilalui dan tidak terlalu sulit. Jika keluarga Anda mudah lelah, pilihlah rute yang tidak terlalu jauh. Namun jika keluarga Anda masih bisa berjalan jauh, Anda juga bisa mengajak keluarga Anda untuk berpartisipasi di kegiatan jalan sehat bersama.

2. Berenang

Berenang bisa menjadi olahraga alternatif. Selain menyehatkan, berenang adalah olahraga yang minim cedera karena benturan fisik. Jika keluarga Anda yang sudah berusia lanjut ingin melakukan kegiatan berenang, ingatkan mereka untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, untuk mencegah terjadinya keram saat berenang.

3. Angkat Beban

Angkat beban yang dimaksud bukan angkat beban yang memiliki berat berkilo-kilo. Jika ingin melakukan angkat beban, disarankan melakukan angkat beban dengan beban sebesar botol air mineral ukuran sedang. Hal ini berguna untuk melatih otot dibagian lengan.

4. Senam

Jika ingin melakukan olahraga yang diiringi dengan musik, senam bisa menjadi pilihan. Ada banyak jenis senam yang bisa dilakukan, namun disarankan melakuakan senam jantung untuk orang yang sudah berusia lanjut. Hindari melakukan senam yang gerakannya terlalu cepat, karena dapat menyebabkan cedera.

5. Yoga

Latiha yoga untuk orang lanjut usia biasanya tidak melibatkan gerakan menekuk-nekuk bagian tubuh tertentu. Yoga untuk lanjut usia biasanya berupa latihan pernapasan dan sedikit pergangan tubuh. Kegiatan ini dapat membantu untuk membuat mereka rileks dan menenangkan pikiran mereka.

Semua orang pasti akan mengalami fase usia lanjut. Namun meskipun Anda sudah berusia lanjut, bukan alasan untuk tidak melakukan olahraga, selama orang tersebut masih sanggup. Olahraga memang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk untuk keluarga kita yang sudah berusia lanjut. Memaksakan diri untuk berolahraga justru akan berakibat fatal. Oleh karena itu ada baiknya untuk menyesuaikan waktu olahraga yang dilakukan, sesuai dengan umur dan tenaga mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp
Telp Toko