Fitness Insports

6 Point Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Treadmill

Untuk menjaga kesehatan tubuh, idealnya kita perlu berolahraga secara teratur, atau paling tidak 2 kali dalam satu minggu. Tapi seringkali kita tidak meluangkan waktu untuk berolahrga karena beberapa alasan seperti : tidak ada fasilitas dan olahraga tidak  punya waktu, tidak ada teman, malas dan lain-lain. Kalau sudah seperti ini, kita perlu alat fitness di rumah untuk berolahraga. Alat fitness Treadmill bisa digunakan untuk berjalan dan juga jogging. Treadmill di bagi dua yaitu Treadmill Elektrik & Treadmill Manual. Perbedaan Treadmill Elektrik Manual dan Treadmill ElektrikPengertian Treadmill sendiri yaitu alat yang digunakan untuk berjalan atau berlari di tempat yang sama. Manfaat Treadmill banyak mulai dari melatih kemampuan kardiovaskular, untuk menurunkan berat badan, untuk latihan untuk para penyakit jantung.

Namun para pembeli awam yang tidak mengetahui point-point apa yang harus di perhatikan saat membeli treadmill elektrik selalu kecewa dan kadang ada yang bisa juga cedera karna mereka membeli treadmill yang tidak sesuai. Nah yang seperti itu sangat di sayangkan sekali banyak penjual bodong yang menjual treadmill dengan harga murah tetapi mereka tidak memikirkan keselamatan pelanggannya. Kali ini kita akan bahas apa saja point-point yang harus di perhatikan saat membeli Treadmill :

  1. Jangan Tergiur Dengan Harga Murah

Saat ini banyak treadmill dengan harga terjangkau. Namun, kita tetap harus berhati-hati dengan treadmill yang harganya terlalu murah. Mengapa begitu?

Saat berlari dengantreadmill, seluruh bobot badan Anda akan bertumpu pada sabuk konveyor yang berjalan seiring dengan langkah kaki Anda. Maka, seluruh bagian treadmill haruslah terbuat dari bahan yang berkualitas, yang mampu menahan beban penggunanya saat berlari. Bila harga treadmill terlalu murah, kemungkinan bahan bakunya bukanlah bahan yang berkualitas.

Anda bisa bayangkan, jika bahan baku treadmill yang Anda beli memiliki kualitas yang rendah, bisa-bisa treadmill Anda rusak hanya dengan dua tiga kali pemakaian. Akan lebih bahaya jika treadmill itu menyebabkan Anda cedera. Sekali lagi, jangan tertipu dengan harga treadmill yang terlalu murah, ya!

  1. Periksa Ukuran Running Area.

Ukuran treadmill yang di gunakan di rumah biasanya sangat ringkas dan tidak terlalu banyak memakan tempat, Namun jika area lari pada treadmill Anda terlalu pendek, maka Anda tidak akan dapat berolahraga dengan nyaman. Pilihlah treadmill dengan area lari berukuran tepat. Agar bisa berlari dengan nyaman, maka pastikan ukuran panjang area lari pada treadmill pilihan Anda adalah langkah panjang Anda ditambah 10 cm. Panjang area lari yang ideal pada treadmilljuga bisa ditentukan dengan rumus berikut: tinggi badan x 0,65 + 10 cm. Contohnya, jika tinggi badan Anda 160 cm maka panjang area lari treadmillyang Anda perlukan adalah: 160 x 0,65 + 10 cm = 114 cm Maka carilah ukuran area berlari yang memiliki panjang 114 cm untuk anda. Dan untuk lebar area lari carilah area berlari yang optimal yaitu sekitar 35 hingga 40 cm. Jika Anda akan menggunakan treadmill dengan kecepatan yang tinggi, pertimbangkanlah
treadmill yang lebih lebar lagi.

  1. Periksa Kecepatan Maksimalnya

    Kecepatan berlari atau berjalan di atas treadmill tergantung pada masing-masing individu. Namun, biasanya treadmill memiliki kecepatan yang bisa di atur sesuai kebutuhan kita. Mulai dari kecepatan untuk berjalan biasa, jogging, sampai berlari, tapi tetap harus dengan cara yang baik yaitu dengan cara bertahap jika Anda tidak melakukan dengan cara bertahap Anda akan mengalami cedera. Pastikan treadmill pilihan anda memiliki kecepatan yang bisa diatur dan sesuai ritme olahraga Anda.

  2. Treadmill Digunakan Berlari Selama Lebih dari 30 menit

Treadmill elektrik biasanya memiliki fitur waktu yang bisa mengatur berapa lama kita menggunakan mesin tersebut. Biasanya waktu penggunaan bisa di tentukan selama 30, 45, 60, dan 99 menit. Beberapa treadmill dengan mesin yang bagus bahkan bisa di gunakan secara terus menerus. Hal tersebut juga menunjukkan daya tahan treadmill yang tinggi. Treadmill yang memiliki kemampuan pemakaian lebih dari 60 menit adalah treadmill yang paling sesuai di gunakan untuk berolahraga di rumah.

  1. Incline ( Kemiringan Area Berlari )

Pemakaian treadmill di rumah bisa terasa monoton jika anda melakukannya setiap hari. Untuk mendapatkan hasil yang baik, dalam olahraga maupun dalam program menurunkan berat badan, sebaiknya Anda melakukan VARIASI. Saat membeli treadmill pastikan incline yang bisa di atur Anda sendiri saat nanti pemakaian. Hal ini akan memberikan tantangan untuk Anda, dengan berjalan atau jogging dalam keadaan seperti menanjak. Biasanya pada treadmill manual, Anda harus mengatur kemiringan area lari sebelum mulai berolahraga, sedangkan pada treadnill elektrik kemiringan bisa di atur saat Anda berlari diatasnya.

  1. Bisa Dilipat Saat Tidak Digunakan

Treadmill bisa mjadi benda yang menghalangi dirumah Anda, terutama jika areanya tidak begitu luas. Tidak perlu khawatir, ada treadmill yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa di lipat. Ini akan memudahkan Anda dalam penanganan ruang di rumah Anda. Saat tidak digunakan, lipat saja treadmill Anda dan Anda pun bisa menggunakannya kembali saatu tiba waktunya berolahraga.

wa
telp