Fitness Insports

4 Jenis Olahraga Saat Puasa

Bulan puasa adalah bulan yang sangat ditunggu oleh umat Islam diseluruh dunia. Namun bulan puasa bukan menjadi sebuah alasan untuk malas bergerak. Bagi Anda yang menjalankan puasa, mungkin yang dibenak pikiran Anda adalah mengurangi pergerakan selama bulan puasa agar tidak mudah merasa lapar dan lelah. Jika Anda malas bergerak dan mengesampingkan olahraga dibulan puasa justru dapat membuat tubuh Anda tidak fit.

Olahraga dibulan puasa memang sangat dianjurkan, namun tidak semua jenis olahraga baik dilakukan dibulan yang suci ini. Dari segi durasi, olahraga saat bulan puasa juga harus disesuaikan, karena kondisi tubuh saat puasa berbeda dengan saat tidak berpuasa. Selain itu, ada baiknya jika melakukan olahraga di 30-60 menit sebelum berbuka puasa. Tujuannya adalah agar cairan yang hilang karena olahraga bisa segera terganti.

Jenis olahraga dengan tingkat intensitas yang tinggi seperti angkat beban, juga tidak dianjurkan. Selain dapat membuat Anda terlalu cepat lelah, mengangkat beban disaat perut kosong juga berbahaya karena dapat menyebabkan Anda pingsan.

Nah, untuk Anda yang tetap ingin melakukan olahraga dibulan puasa, berikut kami rangkum beberapa jenis olahraga bisa Anda lakukan.

1. Lompat Tali

Olahraga ini sangat pas saat dilakukan menjelang berbuka. Kelebihan dari olahraga ini adalah bisa dilakukan dimana saja. Dan yang Anda butuhkan hanyalah tali. Mungkin terlihat mudah, namun olahraga ini sebenarnya cukup efektif untuk membakar kalori ditubuh Anda. Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dibulan puasa, olahraga ini bisa menjadi pilihan.

2. Jogging

Jogging atau sekedar lari-lari kecil juga bisa menjadi pilihan olahraga yang pas saat bulan puasa. Anda bisa melakukan jogging menggunakan mesin treadmill di gym. Namun untuk Anda yang lebih memilih untuk merasakan udara sore hari yang adem dan sejuk, Anda bisa melakukan jogging di area taman atau di area sekitar rumah Anda.

Olahraga kardiovaskular ini sangat dianjurkan  dilakukan sebelum berbuka puasa. Manfaatnya? Mulai dari membakar lemak menjadi energi, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, sampai menurunkan berat badan.

Tidak perlu berlama-lama untuk melakukan jogging. 3o menit adalah waktu yang sangat pas.

3. Bersepeda

Sama seperti jogging, bersepeda merupakan olahraga kardiovaskular yang sangat baik untuk tubuh. Bersepeda menggunakan mesin sepeda yang ada di gym bisa menjadi pilihan. Namun untuk Anda yang lebih memilih bersepeda sambil menghirup udara segar sore hari, Anda bersepeda di area sekitar tempat tinggal Anda atau di taman.

Dan sama juga seperti jogging, 30 menit adalah waktu yang pas untuk melakukan olahraga yang satu ini. Ajaklah teman atau keluarga Anda untuk bersepeda sebelum berbuka agar lebih menyenangkan!

4. Yoga

Untuk Anda yang ingin olahraga sebelum berbuka namun malas keluar rumah, Anda bisa mencoba melakukan yoga. Olahraga ini juga tergolong pas dilakukan saat puasa. Karena dapat membuat tubuh Anda menjadi bugar, dan membuat pikiran Anda menjadi tenang dan rilex. Yoga juga dapat membantu mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh.

Selama bulan puasa, pilihlah gerakan yoga yang tidak terlalu menguras energi. Fokus ke teknik pernapasan dan postur-postur yang mudah saja.

Whatsapp
Telp Toko